SEJARAH PENCAK SILAT DI INDONESIA

Pencak silat merupakan salah satu jenis kesenian dan juga olahraga yaitu seni bela diri yang berasal dari Asia tenggara di antaranya:
Malaysia,Brune, Singapura, Filipina, Thailand,dan juga Indonesia.Pencak silat ini merupakan tradisi kesenian yang disebarkan melalui tradisi Melayu Nusantara.Seiring berjalan nya waktu,jenis kesenian beladiri ini juga mulai tersebar di Vietnam yang disebarkan oleh orang Indonesia. Hingga kini negara Vietnam melahirkan pesilat-pesilat yang tangguh.
Di Indonesia pencak silat di ikat dalam satu wadah yang bernama Ikatan Pencak Silat Indonesia atau IPSI.
Pencak silat telah tersebar keseluruhan kepulauan Nusantara sejak abad ke 7 Masehi. Namun sampai sekarang belum ada yang bisa memastikan kapan dan bagaimana asal mula tersebar pencak silat ini. Ada yang mengatakan kalau pencak silat ini tersebar karena adanya ketrampilan dari berbagai suku asli di Indonesia. Ketrampilan tersebut di antaranya seperti berperang yang menggunakan parang,perisai,tombak dan lainnya. Contohnya seperti tradisi dan adat di kepulauan Nias yang mana terdapat suku yang bernama suku Nias telah menyebarkan seni beladirinya sesuai adatnya yaitu dengan menggunakan senjata parang,yang di percaya bahwa hingga abad ke 20,suku Nias tidak tersentuh sama sekali oleh budaya luar.

Penyebaran Pencak Silat
Jika di teliti lebih jauh, sebenarnya pencak silat ini tersebar melalui leluhur dan dari mulut ke mulut yaitu secara lisan.Seperti dari guru ke murid( contoh nya)
Sehingga tak heran kita sulit menemukan sejarah tertulis mengenai pencak silat. Bahkan ada yang mengatakan bahwa sejarah pencak silat ini telah tersebar melalui berbagai kisah seperti beberapa legenda di berbagai daerah, seperti dari daerah satu ke daerah lain dan menyeluruh ke tanah air nusantara.
Jadi tak heran jika dulu di masa kerajaan Majapahit atau Sriwijaya sangat pandai dalam berperang/bertarung. Karena mereka khususnya para prajurit telah disiapkan ilmu pencak silat yang tinggi agar mereka dapat bertarung dengan musuh dengan sangat mahir.
Contoh lain adalah legenda dari Minangkabau yang mengatakan Silat dengan bahasa( pengucapannya) yaitu:"silek". Masyarakat Minangkabau meyakini bahwa pencak silat ini telah diciptakan oleh Datuk Suri Draja dari Priangan, Tanah datar yang berada di kaki gunung Marapipada. Datuk Suri Draja menciptakan dan mulai menyebarkan tradisi silat ini pada abad ke 11.
Hingga akhirnya Pencak silat tersebar ke seluruh tanah Nusantara termasuk Indonesia. Tanah Nusantara terdiri dari Indonesia, Myanmar, Malaysia, Brunei Darussalam, sebagian Singapura,dan negara negara lainnya yang berada di Asia Tenggara. Lalu seiring berjalannya waktu silek atau silat ini mulai dibawa dan dikembangkan ke berbagai negara yaitu tanah Asia tenggara oleh para perantau Minang. Mungkin anda pernah mendengar kisah'silat cimande'kisah yang menceritakan tentang seorang perempuan yang melakukan silat dengan meniru gaya hewan dan masih banyak lagi tokoh silat lainya. Tentunya di setiap daerah pasti memiliki tokoh silat masing-masing dengan berbagai keahlian dan jurus silat yang dimiliki para tokoh silat daerah atau disebut sebagai pendekar. Para pendekar tersebut contoh nya Sipitung dari Betawi,Hang tuah,dan Gajah Mada dari Jawa, dan masih banyak lagi pendekar-pendekar sebagai tokoh silat di daerah nya masing-masing yang memiliki keahlian berbeda-beda pula.
Para peneliti silat telah berpendapat bahwa bukti dari adanya pencak silat ini bisa dilihat dari beberapa artefak senjata yang telah ditemukannya. Senjata-senjata yang ditemukan ini telah di percaya berasal dari masa klasik yaitu pada masa Hindu-Budha di tanah Nusantara. Adanya sejarah Pencak silat ini di gambarkan melalui relief yang membentuk orang dengan gaya kuda-kudanya di candi Prambanan dan candi Borobudur. Pencak silat bukan hanya olah tubuh saja, melainkan juga memiliki hubungan yang erat secara sepiritual dengan adat dan kebudayaan di tanah Nusantara ini. Hal inilah mengapa pencak silat bukan hanya olahraga saja, melainkan juga masuk dalam cabang kesenian juga yaitu seni bela diri. Terdapat ilmu bela diri dari cina dan India dalam silat ini di buktikan karena adanya pengaruh dari kebudayaan pada masa kebudayaan Melayu. Kebudayaan itu telah dibawa oleh para pedagang dan juga para perantau dari India, cina dan juga dari negara lainnya.

Organisasi Pencak Silat
Karena pencak silat mulai berkembang seiring berjalannya waktu,maka mulailah terbentuk berbagai organisasi pencak silat di antaranya:
1. IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia)
2. EPSF (European Pencak Silat Federatio)
Menurut PERSILAT, organisasi yang terdaftar secara resmi, terdapat 33 organisasi pencak silat yang berdiri di berbagai negara di dunia. Itulah sejarah Pencak Silat yang perlu kita ketahui agar kita paham bahwa pencak silat bukanlah cabang olahraga sembarangan. Ilmu ini perlu pemahaman yang kuat agar tidak dijadikan sebagai bahan ilmu yang di salah gunakan, hendaknya bijaklah dalam menggunakan ilmu agar ilmu bisa bermanfaat.



Comments

Popular posts from this blog

Desa Kutawis Kecamatan Bukateja

RACUN MAKANAN ?