RADIKAL BEBAS ???

Riset selama bertahun tahun telah mengidentifikasi penyebab utama dan pengembangan penyakit Degeneratif dan Proses Penuaan adalah Radikal Bebas.Secara sederhana radikal bebas merupakan molekul atau atom yang telah kehilangan satu elektron pada kulot luarnya,sehingga menjadi elektron tidak berpasangan,yang menyebabkan molekul atau atom sangat tidak stabil dan sangat reaktif.

Radikal bebas ini akan dengan cepat menyerang dan mengambil satu elektron dari molekul di dekatnya.Molekul kedua sekarang kekurangan satu elektron,menjadi radikal bebas sangat reaktif sendiri dan menarik satu elektron dari molekul di dekatnya juga.Proses ini terus berlanjut dalam satu rantai yang mungkin mempengaruhi ratusan atau bahkan ribuan molekul.
Pada saat sebuah molekul menjadi satu radikal,sifat fisik dan sifat kimia  berubah secara permanen.kalau molekul ini sebagai bagian sel yang hidup,maka akan mempengaruhi fungsi sel keseluruhan.
Radikal bebas dapat menyerang sel yang berakibat dapat merobek membran pelindung nya.Komponen sel sensitif seperti Nukleus dan DNA yang membawa sifat genetik ,dapat rusak yang mengakibatkan mutasi sel atau sampai pada kematian.

Semakin banyak radikal bebas yang menyerang sel tubuh,semakin besar kerusakan dan semakin besar potensi kerusakan yang serius.
Kalau sel yang rusak ada di dalam jantung atau arteri  apa yang akan terjadi?
Kalau kerusakan tersebut ada dalam otak apa yang terjadi?
Kalau kerusakan tersebut ada dalam persendian,pankreas,usus,liver,dan ginjal ,apa yang terjadi?
Kalau sel rusak,tidak berfungsi atau mati,bisakah organ tubuh ini memenuhi fungsinya pada tingkat optimal atau mereka mengalami degenerasi?

Kerusakan radikal bebas telah di hubungkan dengan hilangnya intregitas jaringan dan degenerasi fisik.Oada saat sel di bombardir oleh radikal bebas,jaringan jadi cepat sekali terjadi ketidak seimbangan.para peneliti yakin bahwa kerusakan karena radikal bebas penyebab dari proses ketuaan.Semakin tua tubuh seseorang ,semakin banyak kerusakan yang di dapatkan berupa akumulasi seumur hidup dari serangan radikal bebas seumur hidup.
Saat ini ada banyak sekali penyakit degeneratif diakui sebagai akibat dari radikal bebas dan manifestasinya.

Riset yang menghubungkan penyakit pembunuh utama seperti sakit jantung dan kanker dengan radikal bebas,telah meluas termasuk atherosklerosis,stroke,varicose vein,hemmorrhoid,hipertensi,kulit keriput,dermatitis,arthitis,gangguan pencernaan,gangguan reproduksi,katarak,hilangnya energi,diabetes,alergi,hilang ingatan dan kondisi degeneratif lainya.

Semakin banyak radikal bebas yang terbentuk,maka semakin banyak kerusakan yang terjadi pada sel dan jaringan,berarti akan menambah resiko untuk mendapatkan penyakit.Terbentuknya radikal bebas terjadi pada polutan di udara yang di hirup demikian juga terjadi pada bahan pengawet kimia sera racun pada makanan yang di makan dan di minum.Beberapa reaksi radikal bebas terjadi sebagai bagian proses alami dari metabolisme seluler,dan tidak dapat do hindari pengaruh radikal bebas dalam lingkungan,namun dapat di batasi.
Misalnya merokok menyebabkan radikal bebas dalam paru paru.Makan bahan pengawet makanan tertentu juga menyebabkan reaksi radikal bebas,sebagai perusak tubuh.

Comments

Popular posts from this blog

SEJARAH PENCAK SILAT DI INDONESIA

Desa Kutawis Kecamatan Bukateja

RACUN MAKANAN ?